It’s NOT only About Money !

Adalah fakta bagi kebanyakan orang bekerja untuk uang. Tidak dapat dipungkiri bahwa gaji dan kompensasi uang adalah faktor – faktor ketika memilih sebuah pekerjaan, dan ketika seseorang untuk tetap tinggal atau pergi.
Sebuah kenyataan juga bahwa UANG BUKANLAH SEGALA-GALANYA
Apa yang memotivasi seorang karyawan dan apa yang tidak memotivasinya?

Faktor Dasar
Faktor – faktor dasar bagi seseorang untuk bekerja pada sebuah perusahaan. Tanpa faktor dasar ini, orang tidak akan ada yang mau bekerja untuk Anda ! Jadi jika Anda seorang manajer atau pemilik bisnis, tidaklah salah jika Anda berasumsi bahwa karena Anda telah membayar karyawan Anda sejumlah gaji (UMR atau di atas UMR atau harga pasar), Anda mengharapkan mereka akan termotivasi. Salah ! Orang TIDAK AKAN TERMOTIVASI oleh gaji pokok ! Gaji pokok TIDAK akan menjadi faktor untuk memotivasi mereka.
Faktor Motivasional
Jika Anda berharap karyawan Anda termotivasi, maka Anda harus melakukan seperti di bawah ini:
  1. Pekerjaan yang menantang sehingga ada kesempatan bagi seseorang untuk menunjukkan kemampuannya
  2. Lingkungan kerja dimana orang bisa belajar
  3. Lingkungan dimana orang merasa nyaman untuk berinteraksi sesama teman
  4. Pengakuan atas hasil usaha mereka
  5. Lingkungan kerja yang saling menghargai
Hanya jika hal-hal di atas ada dalam pekerjaan mereka, maka mereka akan TERMOTIVASI. Jika tidak, mereka hanya mengerjakan pekerjaan sebatas untuk mempertahankan hidup dan tiada yang lain.
Oleh karenanya, seorang manajer harus tahu membedakan antara Faktor-faktor Dasar dengan Faktor-Faktor Motivasi. Jadi di tempat kerja Anda , apakah Anda telah menyediakan Faktor dasar dan Faktor motivasi ?
Sebagai Faktor motivasi yang penting untuk memberi pengakuan kepada usaha mereka. Hal ini menjadi bentuk Penghargaan . Ada 1001 macam cara untuk menunjukkan kepada karyawan Anda penghargaan atas usaha mereka.
Berikut ini adalah beberapa ide yang umum:
  1. Insentif uang
  2. Hadiah
  3. Hari cuti
  4. Uang saku untuk liburan
  5. Kesempatan untuk parkir kendaraan di tempat parkir khusus boss
  6. Kesempatan untuk bekerja di ruang boss selama 1 minggu
Bukan persoalan APA yang Anda berikan
Tetapi juga tentang BAGAIMANA Anda memberikannya !
Orang sangat menyukai perayaan dan pengakuan. Maka berikanlah perhatikan BAGAIMANA anda memberikan penghargaan. Kalau tidak, semua usaha akan sia-sia dan karyawan Anda tidak akan merasakan sebagai sesuatu yang pantas mereka terima atau Anda benar-benar menghargai mereka ketika mereka menerimanya.
1.
Pilihlah orang yang tepat untuk menerima penghargaan. Orang yang memberikan penghargaan tidak harus selalu seorang CEO. Pilihlah seorang yang begitu berarti. Idealnya pilihlah orang yang benar-benar diakui oleh karyawan-karyawan lainnya. Satu ide untuk menunjukkan penghargaan karyawan adalah pelanggan memberikan pidato singkat mengapa orang ini pantas untuk mendapatkan penghargaan. Dapatkah Anda bayangkan jika ibu (bahkan kakek) dari karyawan tersebut hadir tanpa pemberitahuan sebelumnya.
2.
Presenter harus tahu tentang penghargaan. Presenter harus tahu nama dari penghargaan tersebut. Dia harus tahu secara objektif latar belakang pemberian penghargaan. Dia harus tahu kriteria untuk memenangkannya maka dia akan mengerti dengan jelas bagaimana kualifikasi/penentuan pemenang dalam pidato singkatnya sebagai cerminan apresiasi dan pengagumannya. Maka jika anda adalah orang yang memberikan penghargaan, maka hal ini menjadi perhatian penting. Mungkin dia harus menunggu sepanjang hidupnya untuk moment di atas panggung ! Ini adalah saat Kemenangan ! Perhatikan sebagai hal yang penting atau minta seseorang untuk melakukannya jika Anda tidak pantas untuk memberikannya ! Maaf !
3.
Undanglah teman-teman untuk pengakuan pemenang. Ini adalah hal yang baik bagi seseorang untuk mengatakan sesuatu yang baik tentang pemenang di atas panggung, kepada setiap orang ini merupakan sebuah hadiah. Ini adalah bentuk pengakuan lain yang menunjukkan bahwa orang lain juga menghargai usahanya.
4.
Berikan pemenang kesempatan untuk berkomentar. Ini menjadi sesuatu moment yang berkesan. Pemenang tidak akan mengucapkan sesuatu ide bagusnya jika tidak diberi kesempatan. Anda akan merasakan betapa kagumnya dia mendapatkan penghargaan yang baru diterimanya. Bagaimanapun juga waspadailah jika seseorang berbicara terlalu panjang di panggung ! Maka hanya beri kesempatan sekitar 3 menit saja untuk berbicara.
Seringkali bukan harga dari sebuah hadiah, namun sentuhan dan moment yang berkesan adalah sebagai CARA bagaimana penghargaan diberikan. Maka berilah dengan ketulusan hati. Karyawan Anda pantas untuk mendapatkannya
*****
disadur dari james gwee

0 komentar:

Post a Comment